Kamis, 13 Mei 2010

Tampil Chic Dengan Enjoy

Wanita di segala lapisan usia semakin sadar bahwa cara mereka berpakaian akan merepresentasikan diri mereka, termasuk apa profesi dan bagaimana kepribadian mereka. Berikut beberapa ide untuk tampil chic tanpa perlu bersusah payah.

1. Berpakaian sesuai usia
Ada saat-saat tertentu di mana Anda perlu membongkar lemari pakaian dan memeriksa koleksi busana. Hal ini berlaku bukan hanya untuk pakaian kantor atau baju sehari-hari, tetapi juga baju renang, pakaian dalam, jaket, dan sepatu. Singkirkan baju-baju yang sudah tidak tepat untuk profil Anda saat ini. Sekarang waktunya untuk mengumpulkan busana sesuai gaya hidup dan usia Anda.

Jangan khawatir, baju-baju Anda yang sudah tidak cocok masih bisa bermanfaat untuk orang lain, kok.

2. Melihat majalah mode
Bagi Anda yang selama ini tidak terlalu ambil pusing deng-an pakaian, majalah mode dan fesyen mungkin tidak akrab bagi Anda. Namun, sesekali tidak ada salahnya mengintip majalah tersebut atau melihat katalog para desainer untuk mengetahui tren yang sedang digemari. Tentu saja, tidak semua jenis pakaian itu dapat diterapkan untuk Anda. Percaya atau tidak, Anda justru akan terlatih memodifikasi tren tahun ini sesuai dengan profil Anda.

3. Modifikasi aset
Kalau tidak ‘tega’ menyingkirkan koleksi busana lama Anda jangan ragu untuk melakukan modifikasi. Lakukan mix ‘n match dengan busana lain sehingga Anda tampil dengan gaya yang unik dan tak ada saingannya.

4. Cari penasihat mode
Seperti pepatah ‘malu bertanya sesat di jalan’ Anda pun tak perlu ragu untuk berkonsultasi masalah mode. Majalah gaya hidup biasanya memiliki kolom
khusus untuk pembacanya yang ingin bertanya soal gaya berpakaian. Pandangan dari para pengamat mode pun bisa memperkaya informasi Anda. Bahkan beberapa butik mungkin saja memiliki pegawai yang dapat Anda ajak diskusi masalah penampilan ini.

5. Klasik, tak lekang oleh waktu
Beberapa pakaian dengan model dan bentuk yang sederhana biasanya tak pernah ‘mati gaya’. Salah satunya adalah dress hitam dan wrap dress. Anda bisa menambahkan aksesori berupa tas keren dan sepatu cantik. Tambahkan perhiasan yang agak menonjol jika Anda merasa terlalu sederhana dengan pakaian gaya klasik ini.

6. Bermain warna
Pada hari yang cerah, berdirilah di depan cermin dan dekatkan baju Anda pada wajah. Apakah warnanya cocok dengan warna kulit Anda? Jika kulit dan rambut Anda mengalami perubahan, seyogyanya demikian pula pakaian Anda. Pertambahan usia bisa jadi membuat kulit Anda lebih pudar daripada sebelumnya, dan pakaian yang berwarna kuat mungkin lebih cocok daripada warna-warna pastel.

7. Detoksifikasi lemari pakaian
Jika Anda selalu kebingung-an memilih pakaian, itu pertanda lemari Anda membutuhkan detoksifikasi. Segera singkirkan baju yang membuat Anda tampil tidak cerah, mengingatkan akan seseorang yang tidak Anda sukai, atau barang-barang yang dibeli secara impulsif dan hingga kini tidak tahu bagaimana menggunakannya. Dengan cara ini, Anda bisa menciptakan lemari pakaian yang berisi HANYA baju-baju yang Anda sukai.

8. Jangan sepelekan pakaian dalam
Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa tubuh bekerja sangat keras untuk melawan gravitasi pada payudara, terutama jika Anda menggunakan bra yang tidak menunjang payudara dengan baik. Segera singkirkan bra yang sudah tidak cocok untuk Anda, termasuk jika tali dan pengaitnya sudah tidak sempurna, meskipun bagian mangkuknya masih tergolong baik.

9. Menemukan idola
Sama seperti ketika masih remaja Anda mengidolakan gaya busana selebriti, sekarang pun sah-sah saja melakukannya. Tentu Anda perlu memilih idola yang usianya kurang lebih sama dengan Anda. Siapa bilang di usia 40-an Anda tak bisa tampil modis? Lihat saja Twiggy, Sharon Stone, atau Catherine Deneuve.

10. Bantuan teman
Anda masih ragu-ragu menyingkirkan atau menyimpan pakaian tertentu? Kumpulkan pakaian tersebut lalu ajaklah teman Anda untuk memberikan penilaian yang jujur. Pandangan orang lain bisa jadi memperkuat keputusan Anda tentang sesuatu hal, bukan?

0 komentar:

Posting Komentar